Thursday, March 30, 2017

Tentang Aksi (Yang Katanya) Damai 313

   Hola, Readers! Gimana kabarnya? Gua laper nih belom makan siang. Ada yang mau berbaik hati ke Malang nganter makanan buat gua nggak nih? Karena, ketahuilah, menyisihkan sebagian harta kalian untuk anak kos itu sungguh sangat mulia. Apalagi kalo bentuknya mie instan. Kalo bisa sih yang Indomie aja ya. Soalnya bumbunya nggak terlalu banyak, jadi aman kalo mau dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama (ngeles aje lu tong). Eh, sekalian nanya nih, Mie kuah kalo ditaburin BonCabe di atasnya rasanya beneran enak? Gua belom nyoba soalnya. Eh, kenapa jadi bahas mie sih? Au ah gelap.
   Jadi ceritanya, hari ini gua lagi rajin banget baca berita soalnya kerjaan di kantor sedang nggak banyak. Dan ketika baca, ada salah satu berita yang menggelikan kalo menurut gua, yakni tentang rencana aksi damai 313. Seriously, i'm sick with that kind of action. Om udah bosen denger kayak gituan. Ada gitu ya demo sampe berseri kayak Cinta Fitri? Udah cukup gituloh sinetron aja yang berseri. Terus juga itu tanggalnya, harus ya tanggalnya bagus banget kayak tanggal jadian?! Setelah gua membaca berita itu, segera gua klik link berita lainnya yang terkait untuk meyakinkan diri gua sendiri bahwa that action akan bener-bener dilaksanakan. Dan ternyata, positive. Fix, besok mereka kayaknya jadi demo lagi setelah sholat Jumat.
   Sebagai orang yang nggak ngerti permasalahannya (selain yang udah gua baca dari berita) secara mendetail, gua pribadi beranggapan bahwa aksi semacem itu adalah such a waste of time and energy and money. Gimana nggak, sebagian besar dari mereka adalah warga luar Jakarta gitu. Dan besok hari Jumat. Itu kan harinya orang-orang pulang kampung pas weekend. Kalo ada demo berarti nanti ada beberapa jalur yang dialihkan dan itu sangat tidak mengenakkan. Gua bener-bener nggak ngerti ya kenapa orang-orang itu bahkan rela cuti kerja di hari itu demi ikut demo. Nggak bisakah yang protes perwakilan aja. Berapa kek, 10 orang aja gitu ngadep ke pihak yang dituju buat ngomongin masalahnya? Bayangkan, mereka, sekian juta pendemo itu, katanya pengen ketemu Pak Presiden buat ngomongin whatever they want to talk about. Emangnya kantor si Bapak teh muat buat orang segitu? Toh nanti kalaupun beneran si Bapak Prsiden mau nemuin juga yang ngomong bakal cuman segelintir aja karena nggak mungkin si Bapaknya dengerin sejuta orang curhat sekaligus.
   Kalo menurut gua sih, kalo disana cuman mau jadi penggembira sama peramai suasana mending nggak usah. Kerja aja di tempat asalnya. Nggak enak kan kerjaan ditinggal terus. Kapan mau dapet hasilnya terus. Lagian sih ya, permasalahan seperti yang dituduhkan itu nggak mungkin dimengerti oleh sekian juta orang yang ngikut itu. Pasti ada sebagian yang cuma ngikut aja karena pengen tahu Jakarta. Udah. Kalo memang si pendemonya minta keadilan yang nggak kunjung datang, udah deh, serahkan urusan nego kepada mereka yang ngerti. Sisanya mah doa aja. Katanya nggak boleh meremehkan kekuatan doa, yaudah, nggak usah demo dateng ke Jakarta dan bikin macet sama numpuk sampah di sana. Doa aja yang bener-bener tiap habis shalat. Lagian ya, semaksa apapun kita demo, kalo memang Tuhan tidak menghendaki ya sudah. Ikhtiar emang penting, still, kudu imbang sama doanya. Dan inget, man proposes, God disposes.
   Such kind of action kalo menurut gua sih bukannya menunjukkan solidaritas ummat, malah kesannya kayak bikin jelek image sendiri. Dengan adanya sisi ini, kok kayaknya mereka semakin membuat diri mereka sendiri terlihat gahar, menakutkan, dan tidak mendamaikan lagi seperti slogan asli agamanya. Meskipun judulnya adalah Aksi Damai, tetep aja menyeramkan kalo yang dateng sekian juta orang yang mana sebagian dari mereka ada yang meneriakkan seruan-seruan perang yang bikin orang merinding. Tuhan nggak buta dan Tuhan nggak tidur. Tanpa teriak-teriak dan demo pun Tuhan tau kalo lagi dibela. Justru dengan dateng berramai-ramai itu bikin orang curiga dengan motif asli dari aksi damai tersebut.
   Yang disayangkan lagi, timing dari aksi-aksi damai itu terlalu mencolok untuk diabaikan. Gua rasa kasus semacam ini nggak cuman sekali ini terjadi. Tapi yang demo nggak sampe sejuta tuh. Giliran si Bapak Petahana aja yang demo sampe tumpeh-tumpeh. Menonaktifkan pejabat dari jabatannya bukan perkara mudah. Ada jalur birokrasi yang harus ditempuh dan beberapa aturan tambahan yang harus diikuti. Biarkan mereka yang berwenang yang bekerja. Bagi yang menginginkan si Bapak Petahana dinon-aktifkan, berdoa aja, nggak usah bikin aksi kopdar rame-rame itu. Kalaupun memang si Bapak nanti terbukti bersalah, pasti ada hukuman yang sesuai dengan pelanggaran yang dia bikin tanpa perlu kita turun rame-rame dan neriakin vonis-vonis seakan-akan kita lebih tau dari yang berwenang. Urusan dosa, adzab, dan semacamnya itu urusan Yang Maha Kuasa. Kita sesama manusia yang hidup dan numpang makan di Indonesia nggak usah saling menuduh yang nggak-nggak. Woles aja, nggak semua orang pemerintahan itu buruk. Trust our government.

No comments:

Post a Comment