Wednesday, March 22, 2017

Kukejar Cakwe Ke Negeri Malang

   Hola, Readers! Saatnya posting coretan lagi nih setelah sekian lama cuman post lirik lagu sama reviewnya doank. Kangen sih sebenernya posting coretan. Masalahnya kadang apa yang pengen gua tulis besoknya udah lupa jadi nggak sempet ditulis. Atau mungkin gua menemukan distraction lain yang lebih menggoda semisal JKT48 yang belakangan dateng ke Surabaya dan temen gua yang kerja di hotel disuruh nemenin gitu aja loh!! Kenapa nggak ke Malang aja sih? Kan Surabaya jauh dari Malang. Kalo di Malang kan mayan gua bisa intip-intip pas pulang kerja. Soalnya gua curious sekalee akibat info dari Wikipedia yang bilang kalo tinggi badan si Melody itu cuma 150cm! Padahal di fotonya kayak tinggi gitu. Kan kalo bisa liat secara langsung, rasa penasaran gua bisa terpuaskan. Eh tapi hari ini gua lagi tidak mau nulis soal JKT48. Ada yang lebih krusial dari itu. Ini masalah hidup dan mati: Gorengan!


   Iya, jadi ceritanya gua itu doyan banget makan (Udah basi sih. Emang udah dari dulu gitu kalee. Sekarang aja baru di post dan disebarluaskan kayak gosipnya Ayu Ting-ting sama Raffi). Sebenernya gua tergolong pemakan nyaris apa aja sih. Apa ya namanya kalo di IPA? Oh iya, Omnivora. Eh tapi tenang aja, gua nggak makan temen kok. Soalnya temen gua nggak ada yang se-appealing bakso yang pake siomay ataupun lalapan lele bikinan Emak. Jadi, gua itu ceritanya akhir-akhir ini punya obsesi terhadap suatu spesies gorengan yang sering dijual di pinggir jalan. Kalian mungkin udah familiar sama nama dan rasanya yang gurih-gurih nyoi kayak jingle tahu bulet yang biasanya lewat di depan rumah. Dia adalah Cakwe. Dan gua mencintainya pada pandangan (atau gigitan) pertama. Dan beruntungnya gua, karena di kota manapun kalian menjejak, maka cakwe ini akan senantiasa hadir menemani pagi hari kalian yang dingin sedingin sikap dia yang sekarang mulai menunjukkan sinyal-sinyal ingin berpisah. Eh, kenapa kesitu ya?
   Yah, singkatnya, gua itu suka banget makan cakwe, Readers. Dan kebiasaan itu muncul pas udah kuliah semester 4 kemaren. Sebenernya gua menemui si cakwe ini nggak sengaja. Ceritanya, waktu itu, gua beli roti goreng, terus gua bawa pulang dan orang-orang di rumah pada suka. Sedangkan gua sendiri nggak begitu banyak makannya karena roti goreng sendiri rasanya manis. Dan gua nggak terlalu suka yang manis-manis karena gua udah kenyang dengan janji-janji manis yang dia berikan kepadaku sewaktu kita bersama dahulu. Ya, pokoknya gitu deh. Nah kan biasanya orang jual roti goreng itu selalu jual cakwe juga, jadilah gua belinya campur. Gua awalnya nggak ngerti seperti apa itu cakwe karena gua cuma pernah denger kata cakwe diobrolkan secara serius itu sekali waktu gua masih kecil banget. Jadi kan gua nggak ngerti. Berbekal rasa penasaran itulah gua kemudian beli cakwe yang harganya kalo di Jember itu cuman 500 perak (harga tergantung ukuran cakwe dan biaya administratif lainnya yang berlaku di daerah tersebut).


   Pada gigitan pertama di usia dewasa itulah gua tau bahwa gua dan dia mungkin ditakdirkan berjodoh dan hidup bahagia selamanya bergelimang minyak bekas gorengan. Bagi yang belom pernah makan cakwe, cobain deh. Rasanya 11-12 kayak roti goreng, tapi dia asin. Biasanya kalo kita beli agak banyak dikasih saus pedes buat dicocol pake cakwenya. Dan itu heavenly delicious deh pokoknya. Semenjak itu gua jadi sering beli cakwe kalo gua nggak sempet sarapan di rumah. Gua belinya nggak banyak sih, kalo ukuran cakwenya gede biasanya gua cuman beli 2 biji. Nggak mengenyangkan emang, tapi cukup buat ganjel perut sampe makan siang. Makanan ini cocok buat kalian yang ada urusan mendadak pagi-pagi dan nggak sempet sarapan di rumah. Jadi, mampirlah sejenak ke tukang cakwe pinggir jalan dan belilah beberapa biji yang kira-kira kalo dimakan cukup buat nggak bikin loe pingsan karena kelaparan.
   Dan kebiasaaan makan cakwe pagi-pagi itu terus berlanjut sampe sekarang gua magang di Malang. Seperti anak kos biasanya, sarapan hanya ditujukan untuk mereka yang lemah. Selain karena kebanyakan makan Indomie juga nggak baik, gua juga nggak bisa masak. Jadinya, ya, beli cakwe. Enak aja gitu makan cakwe sambil nyetir motor. Berasa eksekutif muda yang ngak sempet sarapan karena keburu rapat getooh. Padahal ya salah sendiri kenapa malemnya nggak tidur-tidur dan berakibat kepada pagi yang berantakan kayak Titanic keserempet angkot. Pembelian gua terhadap cakwe di malang ini mengalahkan pembelian orang normal terhadap Sempol. Nggak ngerti kenapa gua masih belom tertarik dengan sempol. Di Malang ini, sementara makanan yang sering gua jajanin adalah bakso, cakwe, dan mie ayam. Mungkin karena gua lebih suka makanan yang mengenyangkan kali ya. Sedangkan sempol kan cuman sekecil upil gorilla gitu. Jadi tingkat kekenyangannya dipertanyakan. Dan bakso Malang itu recommended banget buat dicoba. Mungkin karena disini make siomay basah kali ya, jadi lebih appealing daripada di jember yang make siomay kering. FYI, bakso yang ditambah lontong adalah makanan pokok gua selama di Malang.
   Mungkin sekian dulu coretan kali ini. Waktunya serius kerja nih. Ini gua beruntung banget bisa sering-sering posting karena di kantor gua dipinjemin PC dan koneksi internet yang sip. Makasee loh ya, TransBahasa. Kayaknya tempat ini adalah tempat magang paling enak dibanding lainnya. Yaudah kalo gitu, see you di postingan berikutnya. Tetep pantengin blog ini yah, Readers!

No comments:

Post a Comment