Monday, March 13, 2017

Oca Jadi Anak Kos Malang


   Halo, Readers! Lama nggak nongol nih. Sorry banget ya, lagi banyak job malam, eh, maksudnya job aja nggak pake malam. Ntar gua dikira mbak-mbak seratus ribuan lagi. FYI, sekarang gua lagi di Malang nih. Dan foto yang di atas itu, iya itu, itu buka gua yang moto kok. Boro-boro mau foto, nyari jalan ke FK UB aja masih pake acara nyasar ke UNMER. Yaudahlah ya. Maklumin aja. Namanya juga manusia jaman prasejarah yang baru keluar dari bawah tempurung kelapa dan langsung disuguhin seblak Bandung. Ya kaget lah, Anying. BTW, apa kabar Readers? Yang ngambil D3 di kampusnya berarti saat ini kalian lagi dalam keadaan yang kurang lebih sama kayak gua. Yang lagi PKL atau magang angkat tangan please! Gua lagi gitu soalnya. Kalo soal TA mah nggak usah dibahas ya. Kan nggak boleh berkata-kata kotor (FYI, nanya TA ke anak semester akhir itu dosa besar setara zina).


   Gua di Malang ini lagi PKL di tempat terjemahan namanya Transbahasa. Kalo pengen tau apa itu TransBahasa, silahkan search sendiri di google deh. Soalnya gua baru seminggu disini. Jadi belom bisa ngasih keterangan apa-apa selain staff nya asik-asik. Itu aja sih. Gua disini PKL nya berdua aja sama si Abdul 'Omes' Kadir. Temen-temen gua lainnya yang seangkatan milih di tempat-tempat pariwisata semacem hotel sama tour and travel. Gua sama Omes sih males ya ke tempat gituan. Soalnya... yah, kita nyadar diri, Readers. Nggak mungkin kan manusia bermuka mirip lutung ketembak kayak kita berdua ngelamar ke hotel gede semacem Shangri-La di Surabaya sana? Ya sudah, akhirnya, karena gua sama Omes pada dasarnya nggak bego-bego amat dan lebih suka ngadep layar monitor daripada ngadepin kenyataan pahit, maka kitapun memutuskan buat PKL di tempat itu. Untungnya, staff-staff disana tipenya hampir sama kek kita, jadi, ya... serasa we found somewhere we belong.


   Di atas itu salah satu kerjaan gua di tempat tersebut, Readers. Kalo dilihat sekilas sih kayaknya emang bikin puyeng soanya harus analisis terjemahan versi gua sama versi editor. But, it's fine. Nothing's wrong with this. Meskipun bikin kepala cenat-cenut pas pulang, tapi ini bener-bener sesuai harapan kita berdua. Dan tugas ini bener-bener worth it dibandingkan dengan bebrapa temen kita yang PKL di tempat lain. Ada yang cuman disuruh fotokopi, ada yang disuruh kerja diluar bidangnya, macem-macem deh pokoknya. Sebenernya enak juga sih kalo kita nggak dikasih tugas apa-apa. Cuman kan kita ada laporannya tuh. Nah, kalo kita nggak disuruh ngapa-ngapain di sana, mau nulis apa di laporan coba?
   Tapi jujur deh, buat gua, yang menantang di Malang itu bukan masalah pekerjaannya. Tapi masalah cari kosnya. Ceritanya, gua dapet info hari Kamis 2 minggu lalu kalo gua keterima PKL di TransBahasa. dan Senin udah harus mulai kerja. Mati loh. Hari itu gua nggak kepikiran sama sekali kalo gua bakal berangkat PKL secepet itu. Perkiraan sih pertengahan Maret gitu. Soalnya sampe awal Maret gua belom dapet info apa-apa. Tau-taunya gua disuruh mulai hari Senin. Bayangin, kosan nggak ada, temen akrab di Malang juga nggak ada, dan hari Minggu gua harus cus ke Malang karena Senin udah masuk. Jadilah hari itu gua minta tolong kesana kemari buat nyariin gua tempat kost.
   Namanya juga mendadak, beberapa orang yang gua mintain tolongpun nggak bisa bantu. Akhirnya gua pun mengeluarkan cara terakhir gua buat nyari tempat kost: browsing! Sebagai seorang bocah yang rada anti sosial, gua pun memutuskan browsing daripada nunggu info dari orang-orang yang nantinya belum tentu cocok sama gua. Gua selama seharian di hari Kamis sama Jumat itu browsing dan ngontak nomor-nomor yang tertera di laman web nya sampe pulsa gua abis padahal baru ngisi. Tapi, ya, namanya juga usaha. Gua selama 2 hari itu getol banget nanya-nanya di kontak yang tertera mengenai jarak, harga, fasilitas, dll sampai akhirnya gua menemukan tempat kos yang saat ini gua tempati.


   Ini adalah penampakan kamarnya. Fotonya gua download dari OLX karena emang gua nemunya disitu. Jaraknya dari tempat kerja gua lumayan jauh sih, sekitar 15 menitan gitu. Kalo liat di google maps sekitaran 4 KM. Tapi nggak masalah buat gua. Karena yang paling penting buat gua adalah harga, Guys. Gua sempet nemu yang deket banget cuman 5 menitan gitu, masalahnya adalah harganya yang nggak bersahabat. Maklum ya, selain karena lagi ada problem finansial, kondisi keuangan anak semester akhir biasanya nggak bagus-bagus amat karena kepotong buat seminar, bayar tunggakan, dan kawan-kawan sehingga gua nggak bisa milih kos berdasarkan jarak aja. Kalo dari segi fasilitas sih, standar ya. Nggak enaknya kamar mandinya cuman 1 buat 8 orang yang ngekos disitu. Akhirnya tiap pagi kadang gua harus ngalah mandi agak siangan padahal gua harus masuk 9.30 which means jam 9 gua harus berangkat kalo nggak mau telat. Tadi pagi bahkan gua baru mandi jam 9 karena masih ada penghuni kost yang nyuci dan gua nggak enak negurnya. Jadilah gua tadi kalap naik motornya biar nggak telat.
   Kalo boleh bilang sih, yang disayangkan dari Malang adalah lalu lintasnya. Kok kayaknya dari pagi sampe sore gua pulang kerja selalu kejebak macet. Ya, macetnya nggak parah emang. Tapi kalo dibandingkan Jember lebih parah sini. Kalo menurut gua sih, mungkin penyebabnya adalah karena tempat kos gua itu strategis, dalam artian deket dengan kampus-kampus. Jadinya mahasiswa yang mau berangkat pada keluar semua di jam segitu dan pulang di jam yang sama kayak gua. Hell yeah. Jadi pengendara di Malang yang jelas nggak bisa santai soalnya loe harus jalan terus dan kalo mau nyebrang jangan nunggu kendaraan sepi karena emang nggak akan pernah sepi tuh jalan raya, Anying. Kalo dari suhunya masih bisa ditolerir kok karena gua di Malang Kota, bukan di Batu. Dari segi makanan, santai kok. Selama masih sesama penghuni Jawa Timur ya makanannya pasti sama aja kayak di Negara Jember sana.
   Terus, apa lagi ya yang mau gua bahas? Oh iya, sayang banget nih setiap weekend gua harus pulang ke Jember sana, Guys. Soalnya gua lagi dalam masa latihan buat seleksi terbuka April ntar sebelum dikirim ke 5th NPEO di Banjarmasin sana. Ya, gua sendiri nggak terlalu berharap banyak buat olimpiade kali ini soalnya kalau ntar gua kepilih jadi salah satu peserta, maka gua harus meninggalkan magang gua selama lomba. Nggak enak aja sama supervisornya kalo minta izin selama itu meskipun dalam rangka tugas kampus sih. Gua khawatir disuruh nambah atau hari sebagai kompensasinya kan nggak seru.
   Yah, sementara sekian dulu, Readers. Gua mau pulang sekarang. Jamnya udah abis. See you tomorrow deh ya. Bagi yang jomblo semoga cepet dapet pacar biar besok-besok kalo baca postingan gua udah dalam keadaan berdua. Bye!

No comments:

Post a Comment