Wednesday, January 6, 2016

Olah Raga Tenggorokan Dengan Bahasa Perancis



   Ceritanya, kemaren itu gua main-main bareng sama sahabat gua, Rohman, yang kuliah di Jurusan Sastra Perancis Univ. Negeri Semarang. Agendanya ya cuman ngobrol ngalor ngidul ngetan ngulon mulai dari habis dhuhur sampe setengah sembilan malem. Hal tersebut merupakan kebiasaaan kita kalo salah satu dari kita lagi libur. Kebetulan tuh si Rohman minggu tenangnya dapet 3 minggu. -_- sedangkan gua di Jember sini pontang panting ngadepin semesteran. Sebenernya sih pas minggu tenang kemaren gua sempet pulang ke kampung gua di Bangsalsari sana. Cuman sayang banget, gua selalu disibukkan oleh urusan emak sehingga gua nggak sempet ketemu dia buat main-main. Jadinya, kemaren dia yang nyambangin gua ke Jember soalnya tanggal 9 ato 10 itu dia udah mau balik lagi ke Semarang.
   Berhubung gua dan dia sama-sama mahasiswa, kitapun nyari tempat nongkrong yang murah. Soalnya, ya, tau sendirilah kondisi kantong anak kos kayak gimana. Kita akhirnya memutuskan buat nongkrong di Mie Ayam Jamur di Jalan Tawangmangu Jember. Sebenernya itu udah mesti jadi tongkrongan gua sama dia sih. Cuman kemaren-kemaren itu kita pengennya nyari tempat lain yang murah gitu. Tapi ternyata kita nggak bisa nemu soalnya kafe yang biasa gua datengin sama anak-anak bukanya pas malem. Sedangkan Rohman ngajakin mainnya habis dhuhur gitu. Yaudahlah ya. Ujung-ujungnya tetep ke sana.
   Sambil makan, kita ngobrol-ngobrol ringan seputar kabar, film, JAV, dan kuliah. Bahkan ketika mie kita udah abis pun, kita masih diem di situ sampe sekitar satu jam-an. Emang muka tembok nih berdua. Ya, mau gimana lagi? Jarang banget ada tempat nongkrong yang ngggak mengharuskan kita buat beli makanannya. Sempet sih tadinya gua kepikiran buat duduk-duduk di pujasera. Tapi kok kayaknya nggak enak banget ya kalo nggak beli. Sedangkan harganya nggak sesuai dengan isi dompet kita.
   Selama ngobrol, gua rasakan doi mengalami banyak perubahan. Perubahan yang mencolok tentu saja perubahan yang terjadi pada fisiknya. Badannya makin bongsor, alisnya makin tebel, bulu kakinya makin gondrong sampe keluar-keluar dari celana jeansnya, dan suaranya juga nggak begitu cempreng kayak dulu. Bahkan saking cemprengnya, pernah si Rohman disangka mbak-mbak sama kliennya waktu lagi telfon (FYI, si Rohman ini part timer di distributor obat herbal). Kita juga kemudian ngobrolin seputar kampus masing-masing. Dan, dari situ gua mengambil kesimpulan bahwa Bahasa Prancis nggak seseksi yang dibayangkan Raditya Dika.
   Gua cuman bisa melongo ketika dia sedikit ngomong make itu bahasa. Pronounciationnya sama sekali nggak terduga. Histoire jadi Histoa, Voltaire jadi Voltekh, dan Jean D'Arc jadi Zan darkhe. Demi sempak Neptunus, gua bahkan berkali-kali minta dia ngeja hurufnya ketika dia nyebutin satu kata aneh yang ternyata itu familiar buat gua. Misalnya, waktu itu kita lagi ngebahas tentang honorific kayak Sir, Mr., Mrs, dan lain sebagainya. Diapun kemudian juga nyebutin beberapa honorific yang ada dalam Bahasa Perancis. Dia lalu mengucapkan "mesyieu". Gua mengerutkan dahi. Itu Bahasa mana sih? Setelah dia ngeja hurufnya, ternyata itu Monsieur. Alaahhh....



   Ketika kita kemudian pindah bahasan soal level Bahasa Perancis, dia bilang kalo dia masih di level "Pre Elemongtekh" alias "Pre Elementaire" kalo dieja. Gua garuk-garuk kepala. Dia pun lanjut nyebutin "Angtekhmediekh" alias "Intermediaire", "Avangse" alias "Advance", dan "Bon Soakhe" alias "bonne soiree/good evening". Karena gua temen yang baik, selama dia nyebutin kata-kata greget itu, gua memberikan dia cengiran gua yang paling manis sepanjang masa karena gua shock dengan pengucapannya yang di luar dugaan itu dan juga karena gua nggak tau harus ngerespon apa. Ternyata ada yang lebih anjay daripada Bahasa Inggris sodara-sodara!
   Gue pun kemudian menanyakan tentang kayak gimana praktikumnya. Dia bilang kalo pada dasarnya apa yang diajarkan sama kayak apa yang gua dapet di kampus. Jadi ada grammar, listening, speaking, dan semacamnya. Menurut dia, grammar sama listening mungkin jadi 2 hal yang paling susah buat dia. Soalnya di listening dia musti dengerin rekaman native speaker yang tentu saja kecepatannya melebihi emak-emak bermotor di Indonesia. Sehingga, pernah gitu dalam suatu kelas listening dia udah mentok banget nggak ngerti dan akhirnya ngejawab soal yang sebenernya berarti "Kapan dia pergi ke restoran?" dia jawabnya "saya makan". Yah, emang rada freak tuh orang.
   Yaudah deh, sekian dulu tulisannya, gua mau makan dulu nih. Dari pagi tadi belom makan, Guys. Kalo ada readers yang dari Unnes, gua ucapin Good Luck deh buat ujiannya 11 Januari ntar. See you!

2 comments:

  1. itu rohman? temen SMP? serius, masuk sastra perancis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, Rohman yang itu. Bidikmisi di Univ. Negeri Semarang, Sastra Perancis. Temen saya hebat kan? Saya doank kayaknya yg idiot :D

      Delete