Friday, July 13, 2018

Menyoroti 100 Hari Kinerja Oca

   Hola, Readers! Apa kabar nih anak gadis dan jejaka peliharaan orang tua? Udah pada taken belom? Kalo belom sih bagus ya. Jangan dulu. Nunggu Gua laku di acara lelang dulu. BTW, temen-temen gua udah pada banyak yang nikah sih. Undangan di meja udah numpuk aja. Padahal umur juga baru 21 tahun lebih beberapa senti. Apalagi kemaren pas lebaran nih. Wuu... banyak sekalee yang udah menyematkan ataupun disematin cincin di jari manisnya. Padahal nih ya kalo diliat dari track record hubungan percintaan semasa kuliah, kayaknya mustahil aja gitu bedebah-bedebah macem temen-temen gua bisa taken secepet itu. Yang paling gua nggak nyangka ya si Abdul 'Omes' Kadir yang berhasil mempersunting MANTAN nya! Serius. Itu mantannya yang dia lamar. Kambing kan? Padahal kalo diliat dari raut muka keduanya sih ya, kayaknya nggak bakal maju dalam waktu dekat ini. Gila emang. Tapi yaudah lah ya. Selamat aja buat mereka. Turut berbahagia aja. Soalnya mantannya yang dia lamar itu kan 'majikan' gua gitu ya ceritanya, jadi gua udah tau kualitasnya. Dan gua pikir sih sesuai aja karena mereka berdua sama-sama bedebah. Semoga langgeng ya. Soalnya gua sangat ingin tahu bakal kek apa anak yang lahir dari kedua manusia tersebut.
   Okay, enough for the gossip. Ceritanya gua hari ini tidak akan membahas siapa-siapa aja dari temen-temen gua yang sudah berubah status maupun mengajukan surat pisah KK. Tapi gua akan membahas tentang hal lain yang ada hubungannya sama gua sendiri. Yakni, kinerja gua selama 3 bulan pertama di kantor. Jadi, enaknya mulai dari mana ya? Hmm? Mulai dari udara aja kali ya? Maksudnya tuh gua nulis sesuai apa yang lagi keluar di pikiran gua aja. Soalnya, katanya sih, kalo pikiran seseorang itu dibatesi, biasanya ide yang keluar nggak akan lancar. Begitu juga kalo pikiran seseorang dibiarkan jalan aja gitu nggak ada panduan. Bisa nyasar sampe kemana-mana nanti. Jadi, yah, kita mulai aja sadanya deh ya. Ini kebanyakan intro udah kayak pendahuluan skripsi aja lama-lama.
   Jadi gini, sesuai judul yang tertera, kita akan membahas apa aja sih yang udah gua kerjakan dan hasilkan selama 3 bulan kerja di sini. Kalo kita mengacu kepada kontrak kerja yang gua tandatangani beberapa bulan yang lalu, Gua terhitung mulai kerja secara resmi per tanggal 1 April 2018. Which means, gua sekarang udah bekerja selama kurang lebih 100 hari. Tapi itu perkiraan kasar aja sih. Soalnya kan masih kepotong tanggal merah dan liburan lain. Jadi, apa yang udah Oca kerjakan selama waktu itu? Banyak sih. Gua sebenernya mulai kerja itu awal Maret. Tapi karena kegiatan resmi baru mulainya bukan di tanggal 1, makanya kontrak gua dibikin awal April aja biar nggak repot waktu mau ngasihin gaji. Selama waktu it sampe sekarang, kalo gua pikir-pikir sih, banyak kegiatan dan kerjaa yang gua lakukan. Dan gua pribadi membagi jenis kerjaan jadi 3: TUPOKSI asli, Ceperan dalem, dan Ceperan Luar.
   TUPOKSI asli adalah Tugas Pokok dan Fungsi asli gua sebagai pegawai, sedangkan Ceperan Dalem adalah istilah yang gua buat sendiri untuk mendeskripsikan kerjaan sampingan gua di luar TUPOKSI tapi yang masih dalam lingkup kantor. Lalu Ceperan Luar adalah side project gua yang mana kliennya bisa aja orang dalem atau orang luar tapi honornya dikeluarkan dari kantong pribadi.. Contoh TUPOKSI asli gua adalah mendampingi praktikum di kelas. Untuk semester yang udah berakhir ini sih, gua ngedampingi praktikum 2 program studi yang terdiri dari 4 kelas dan 3 kelas. Kemudian contoh Ceperan Dalem adalah ketika kita diminta buat mengerjakan tugas tambahan semisal jadi panitia kegiatan. Ceperan Dalem yang pernah gua lakukan selama ini adalah ngedampingin anak-anak peserta olimpiade latihan tiap weekend. Untuk yang terakhir, Ceperan Luar, hmm... Udah lumayan banyak sih yang pernah gua kerjain. Contoh yang baru-baru ini adalah nerjemah dan ngasi les privat.
   Selama 100 hari pertama ini sih belum ada kendala yang terlalu membuat gua kesulitan. Semua masalah yang timbul selama waktu tersebut gua anggap resiko pekerjaan lah ya. Gua nggak terlalu ambil pusing. Yang penting nggak sampe membahayakan diri aja. Yang paling penting buat diperhatikan ketika kita adalah orang yang punya banyak macem kerjaan, sebisa mungkin kita harus bisa menyeimbangkan porsi kerjaan yang kita punya. Karena kalo sampe ada yang nggak imbang, pasti bakal mengganggu kegiatan yang lain dan merembet macem kebakaran gambut di Kalimantan.
   Lalu, apa lagi ya yang musti gua bahas? Ah, ya, penghasilan. Gua nggak mau nyebutin nominal sih di sini. Gua cuma mau share kira-kira apa aja yang bisa gua dapatkan dengan hasil kerja semi-serabutan yang selama ini gua lakukan. Pertama, gua udah nggak minta uang jajn ke ortu. Dua, gua bisa wisata kuliner meskipun nggak sering-sering. Tiga, gua beli bensin sendiri. Empat, gua bisa ngajak adek-adek gua makan di KFC. Lima, gua bisa beliin ortu gua gorengan dan mie ayam seminggu sekali. Enam, gua beli laptop bekas beserta tasnya setelah minta sedikit dana talangan ke bokap. Tujuh, gua beli paketan internet sendiri. Delapan, gua bisa ngelengkapin koleksi 3 buku LG Alexander New Concept English. Sembilan, gua bisa nyobain makan di MCD yang baru buka di Hayam Wuruk Jember. Sepuluh, ya begitu deh. Nggak mungkin gua sebutin semua hal yang gua beli kan ya. Gua bukan mbak-mbak Alfamart yang kudu laporan jumlah barang terjual tiap minggu.
   Intinya, apa yang gua dapatkan selama bekerja itu cukup buat hidup sehari-hari dengan sederhana lah. Nggak dikit banget, tapi juga nggak banyak. Normal lah kalo menurut gua yang kebutuhannya nggak banyak banget kaya mbak-mbak sosialita yang kudu punya tas Kremes seharga 1M (Meter). Yang penting kan cara kita me-manage keuangan kita. Percuma juga kalo misalnya gaji kita di atas rata-rata tapi kita nggak bisa mengatur pengeluarannya. Tetep jebol.
   Kek gitulah kira-kira yang bisa gua sampaikan di postingan kali ini. Gua pikir cukup lah ya buat menggambarkan kabar gua saat ini. Gua udah lama nggak post nih, jadi agak kagok kali ya bahasanya. Makanya gua sudahi sampe sini dulu. Kan gua udah ada amunisi nih, jadi semoga kita bisa ketemun di postingan selanjutnya dalam waktu dekat. See you!

No comments:

Post a Comment