Thursday, January 15, 2015

BLOCKs Ke Ijen

Hai, Readers! Postingan kali ini spesial banget soalnya ditulis dengan kondisi badan sangat capek sehabis pulang dari Kawah Ijen. Iya, beneran capek banget. Gua nggak boong. Apalagi dengan berat badan yang melebihi standar, kayakanya itu suatu keputusan yang ekstrem banget buat mendaki ke Ijen. Fuh...
   Oke, sekarang bakal gua bahas lebih dalem (sampe ke daleman-daleman) tentang liburan personel kelas gua ke Kawah Ijen. Ceritanya, kelas gua yang punya nama resmi BLOCK (kepanjangannya ga usah tau, soalnya agak alay) sekitaran seminggu yg lalu, lagi kumpul-kumpul buat ngomongin rencana liburan bareng anak sekelas. Ada beberapa pilihan tempat yang diajuin waktu itu. Kawah Ijen, Pasir putih Situbondo, sama Papuma. Setelah melalui tahap seleksi yang lama banget (karena temen-temen gua pada binal kalo disuruh diskusi), akhirnya yang kepilih Kawah Ijen. Awalnya sih gua nggak terlalu bernafsu pengen ikutan soalnya ceritanya itu naik gunung. Dan gua punya berat badan melebihi standar. Jadi gua mikir-mikir juga. Tapi ternyata rasa pengen dan solidaritas gua lebih tinggi. Gua pun minta ijin ke ortu buat pergi ke Kawah Ijen bareng temen-temen, dan ternyata diijinin aja gitu lho. Mungkin ortu gua mikirnya, kasian juga gua udah segini tua nggak pernah jalan-jalan sama temen-temennya. Dan hari Rabu 14 Januari 2015, gua dan temen-temen berangkat.
   Ada 18 orang yang ikut serta dalam acara ini. yang 16 pake motor, yang 2 pake mobil sambil bawa barang-barang. Gua sendiri kebagian bonceng Ibu Bendahara. Perjalanan dari Jember ke Bondowoso nggak terlalu makan waktu banyak karena para manusia di kelas gua naik motornya binal. Kemudian kita istirahat bentar di pos deket air terjun sambil ngisi bensin dan foto-foto. Gua sendiri nggak bisa senarsis itu karena kamera hp gua resolusinya nggak bagus. Jadi gua cuma bisa ketawa garing ngeliat anak-anak seneng-seneng sama ketawa. Abis itu kita lanjut ke air terjun. Di sana anak-anak kembali berpose dengan binal. Lagi-lagi gua cuma bisa tersenyum garing.
 Pemandangan dari rest area

Angga dan Rizqy (gua yang motoin)

Angga dan Rizqy 2

Air Terjun

Air Terjun 2

Air Terjun 3

Setelah puas nampang di air terjun, kitapun lanjut ke kawasan kamp deket Ijen. Disana kita cukup beruntung karena kita nemu semacam pondok terbuka di tepi lapangan. Jadi barang-barang kita nggak terkena gerimis yang dateng setelah sekitar 30 menit kita di situ.
 Nyiapin Tenda

Para Cabe-cabean groupie di tenda

Terong-terongan lagi main gaple

Nyanyi-nyanyi sambil ngocol

Kita baru mendaki ke Ijen jam 1 dinihari. Sebelum itu, koordinator kita, Dirga dan Dedy, nyuruh buat istirahat biar kondisi kita nggak payah saat naik ntar. Tapi emang dasar kita semua binal dan beringas, bukannya tidur malah lomba kentut. Dan itu berhasil bikin para cewek ga bisa tidur karena suara kentutnya sangat-sangat merdu. Dan di sekitaran jam 10 gua keluar dari tenda karena ga bisa tidur dan gabung di luar bareng Dedy, Dirga, Dewi, dan beberapa anak lainnya. Nggak lama setelah itu, angin bertiup kenceng banget sehingga para cewek menggigil. Akhirnya kita putusin buat bongkar semua tenda buat ditumpuk biar dipake para cewek agar terlindung dari angin dataran tinggi yang dinginnya sampe bikin tangannya si Rizqy nggak kerasa begitu panas waktu nyentuh api. Angin mulai reda sekitaran jam 12. Kitapun langsung siap-siap buat mendaki.
   Jalur pendakian Ijen gua anggep payah banget karena jalannya nanjak terus. Cuma beberapa kali aja yang datar sepanjang track 3 KM menuju kawah itu. Gua sendiri sebenernya udah nggak kuat waktu nyampe pertengahan dan memutuskan kalo gua cukup sampe situ aja dan mempersilahkan temen-temen gua buat naik aja terus. Lagian juga gua harus jaga kondisi biar fit buat hadir di RAT UKM E-CLUB tanggal 16. Tapi mereka semua terbukti temen-temen yang hebat karena mereka terus memacu dan memaksa gua buat terus naik dengan iming-iming bahwa gua nggak akan menemui track yang terlalu menanjak kayak 1,5 KM pertama tadi. Akhirnya gua pun mutusin buat ikut kata mereka. Karena gua juga tau bahwa mereka nggak menginginkan kita berpencar. Kita emang jarang barengan terus kemana-mana, jadi mereka nggak mau kehilangan momen-momen bareng di detik terakhir. Kita akhirnya sampai dan langsung disambut dengan asap belerang yang mengepul. Salah satu temen gua, Stefani, pingsan di tepi kawah. Kemudian seorang bapak-bapak langsung nyuruh kita bawa doi lebih ke atas biar nggak terlalu banyak ngirup asap belerang. Gua sendiri juga nggak kuat dengan asapnya. Gua pun bilang kalo gua bakal nunggu di bebatuan aja sementara anak-anak ke tepi kawah yg lebih deket buat liat Blue Fire. Di sana gua ditemenin sama Ketua Kelas. Gua pun kemudian tidur dan bangun sekitar jam 5. Begitu gua membuka mata, pemandangan jadi makin bagus karena asap belerang udah berkurang dan jalan yang tadi malem gua lewatin, keliatan jelas lekuk-lekuknya. Gua pun cuma bisa memandang dengan kagum karena disadarkan oleh kenyataan bahwa kamera hp gua nggak bagus. Kita pun kemudian meninggalkan kawasan kamp Ijen jam 8 pagi. Dan kondisi kita semua bener-bener payah. Gua sendiri cuma beli kura-kura dari belerang buat oleh-oleh yang mau gua kasi ke adek-adek gua yang kampret itu.

Ada sedikit hal yang gua sadari pasca mendaki ke Ijen: "Gua bisa lanjut mendaki bukan karena gua kuat, tapi karena gua punya temen-temen hebat yang senantiasa mendukung gua buat terus naik"
Thanks for you all. I'm nothing without you, Guys. And thanks for taking me in to this awesome moment.